Bisnis dengan Modal Kecil ? Ini Jurus Jitunya

Bisnis dengan Modal Kecil

bisnis dengan modal kecil

bisnis dengan modal kecil

Kini banyak orang berharap bisa menjalankan bisnis dengan modal kecil.

Keterbatasan seseorang dalam permodalan, menjadikan bisnis dengan modal kecil banyak dipilih.

Pilihan jenis wirausaha modal kecil sangatlah banyak, namun asal terjun belum tentu efektif, harus melihat beberapa aspek seperti kemampuan diri, potensi lingkungan atau pasar, karakter dari sebuah kota dan lain-lain.

bisnis dengan modal kecil

bisnis dengan modal kecil

 

Tips bisnis dengan modal kecil.

  • Persiapkan mental bisnis

Dalam upaya kita mengoptimalkan modal yang sedikit, maka pondasi atau kekuatan awal kita adalah mental pebisnis yang tangguh.

Bagaimanakah mental bisnis itu? mental bisnis adalah kemampuan atau kepekaan kita terhadap peluang yang ada, serta kemampuan kita dalam mengeksekusi pelung yang kita lihat sebagai sebuah ladang bisnis yang akan kita kelola dalam jangka waktu tertenu.

Selain itu, keberanian kita dalam bertindak dan mengambil keputusan juga dituntut untuk sebijaksana mungkin.

Mental bisnis itu meliputi, pengetahuan yang banyak mengenai bisnis, percaya diri, dan inovatif.

  • Kalkulasi dana awal yang dimiliki

Pada point permodalan, kita juga harus mampu mnegelolanya dengan baik, sehingga dana minim yang kita miliki dapat efektif dan bisa dialokasikan pada fungsi yang optimal.

Dalam artian, nilai modal yang kita punya, mampu kita kalkulasi efektifitasnya untuk beberapa kebutuhan seperti, untuk biaya produksi, sewa tempat, gaji karyawan dll.

Kalkulasi secara tertulis sangatlah penting dalam bisnis dengan modal kecil, meski itu hanya lewat coret-coretan kertas. Karena dana-dana yang dibutuhkan akan lebih terinci dan tidak hanya dalam gambaran di kepala saja.

  • Putuskan jenis usaha yang berbobot

Berbobot yang dimaksud adalah berbobot dari segi potensinya, namun juga perlu disesuaikan dengan kemampuan diri.

Ada banyak pilihan bisnis dengan modal kecil dari banyak bidang pula. Bisa dari makanan, minuman, jasa, produksi, kerajinan, seni dan lain sebagainya.

Dengan adanya banyak peluang yang ada, tentu kita akan mantab pada satu pilihan yang berbobot.

Kita perlu memilih jenis usaha yang paling potensial, namun tetap pada kemampuan modal atau finansial kita.

melihat sebuah usaha itu dari potensinya dan lihat pula kemampuan pribadi kita mengenai kompetensi kita di suatu bidang.

Karena salah satu kriteria usaha yang berbobot adalah usaha yang kita kuasai seluk beluknya atau kompetensi mumpuni kita di bidang terebut.

  • Tekun & konsisten jurus jitunya

Apa sih arti ketekunan dan konsisten itu? lebih detailnya tekun adalah upaya kita untuk terus bertahan dan membangun secara kontinyu.

Konsisten adalah komitmen awal kita terhadap bisnis yang dibangun dari awal hingga berjalan dalam waktu tertentu.

Tekun dan konsisten akan prinsip awal bisa menjadi kekuatan kita dalam memajukan sebuah bisnis.

Bisnis sampingan juga bisa menjadi pilihan untuk para karyawan yang ingin memulai karir sebagai wiraswasta.

  • Fokus dan Cermat dalam Pekerjaan

Cermat disini dapat diartikan tidak melupakan hal-hal kecil dalam berbisnis. Apakah anda pernah memikirkan sebuah logo, kartu nama, atau slogan untuk bisnis anda???

Banyak yang menyepelekan sebuah logo atau bahkan nama untuk perusahaan dan bidang usaha (baik jasa atau perdagangan) yang mereka bangun. Padahal Image Branding merupakan hal yang mutlak dalam sebuah perusahaan.

  • Semangat Tinggi dan Mental Baja

Seperti pada artikel sebelumnya tentang Kiat-Kiat Bisnis Bagi Pemula, seorang pelaku bisnis harus mempunyai Semangat yang tinggi dan mental yang tahan banting.

Pengusaha dengan mental tempe hanya akan menganggap sebuah kegagalan sebagai kesialan. Sebaliknya bagi orang-orang yang cermat dalam kesialan itu terdapat banyak sekali ditemukan ide bisnis yang baru.

Bisnis dengan Modal Kecil

Bisnis dengan Modal Kecil

  • Promosi dengan Cara yang Baik dan Benar

Ada banyak sekali model promosi, namun hanya ada beberapa yang pas untuk anda terapkan dalam bisnis anda. Salah satu model promosi yang murah meriah tapi tidak murahan adalah dengan brosur, memasang iklan di koran dan majalah serta dengan menempel pamflet.

Dengan memanfaatkan sosial media seperti Facebook, tweeter, dll kita lebih mudah untuk memasarkan produk-produk kita ke orang banyak.

  • Membangun Relasi atau Jaringan

Kaitanya dengan Metode Bisnis Masa Kini kita harus banyak-banyak memiliki relasi atau jaringan. Hal ini dikarenakan tanpa adanya relasi atau jaringan anda tidak akan bisa memasarkan produk-produk anda, di samping itu anda tidak bisa melihat perkembangan dunia luar untuk kepentingan kemajuan bisnis anda.

Demikian lah beberapa hal perlu diperhatikan dalam membangun Bisnis dengan Modal Kecil. Semoga dapat memberikan informasi serta menginspirasi, menambah wawasan kita dalam dunia bisnis dan peluang usaha. Semoga bermanfaat, salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *