Usaha Untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil, Mudah dan Menguntungkan

Membuka Usaha Untuk Mahasiswa, Dengan Modal Kecil

Banyak mahasiswa merangkap peran sebagai pekerja lepas atau pekerja paruh waktu. Bahkan tak jarang pula mahasiswa menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja daripada untuk belajar karena saking sulitnya mencari pekerjaan yang fleksibel dan memiliki gaji memadai. Nah, saya punya solusi usaha untuk mahasiswa untuk memperoleh penghasilan yang cukup besar tanpa harus mengorbankan banyak waktu belajarnya. Bahkan, usaha tersebut dapat dilakukan tanpa memerlukan banyak modal.

usaha untuk mahasiswa

usaha untuk mahasiswa

Kehidupan mahasiswa memang identik dengan kesan kesederhanaan dan pontang-panting mencukupi hidup. Ya memang tidak semua mahasiswa harus hidup prihatin, terlebih bagi mereka yang dari awal telah berangkat dari keluarga yang serba berkecukupan. Maka tentu yang menjadi beban hanya mata kuliah saja. Namun, tak jarang bukan, kita menemukan teman mahasiswa kita atau bahkan diri kita sendiri terjebak dalam kondisi kepepet ekonomi, sehingga untuk membayar spp, uang kos, dan uang makan sehari-hari susah untuk didapatkan. Bukannya orang tua tidak sanggup membiayai, tetapi adanya rasa bertanggung jawab atas usia yang sudah dewasa seringkali membuat kita otomatis merasa iba jika orang tua yang sudah semakin tinggi angka usianya harus membanting tulang untuk memenuhi kebutuhan mahal kita yang justru sudah dewasa dan segar bugar ini. Atas dasar kondisi tersebut, berikut saya kemukakan peluang bisnis bagi mahasiswa dengan modal kecil:

  1. Menjadi penulis lepas

Sebagai mahasiswa, kita tentu memiliki keterampilan menulis. Kita dapat memanfaatkannya dengan memilih bekerja sebagai penulis lepas artikel untuk majalah, koran, website berita, ghost writer, website komersial, dan lain-lain. Tidak perlu menguasai teknis menulis sempurna karena tulisan di sini bersifat lepas dari kaidah. Untuk melakukannya pun kita hanya memerlukan laptop dan koneksi internet untuk mengirimkan tulisan anda. Jika kita dapat memanfaatkan wifi gratis sembari nongkrong, tentu tidak ada modal rupiah yang keluar.

  1. Menjual desain grafis

Saat ini, desain grafis sudah menjadi tren keterampilan di kalangan mahasiswa. Jenis jasa inipun tak pernah sepi peminat sebab desain grafis adalah kebutuhan awal bagi segala jenis usaha. Seperti kita tahu bahwa logo, spanduk, poster, dan lain sebagainya adalah komponen bisnis yang melekat erat dengan desain grafis. Apabila kita sudah akrab dengan berbagai aplikasi digital sekaliber coreldraw, photoshop, atau bahkan sai paintool, maka kita bisa mencetak pendapatan dari desain tersebut.

desain grafis, usaha untuk mahasiswa

desain grafis

  1. Menjadi webtoonist

Sebagai mahasiswa yang hidup di masa android ini, kita tentu sudah tak asing lagi dengan webtoon. Fenomena webtoon ini bisa menjadi peluang bagi kita untuk mengambil langkah usaha. Bagaimanapun juga, popularitas webtoon berkaitan erat dengan peran di balik layar para kreator dalam mengarang cerita kreatif dengan divisualisasikan dalam menggambar yang menarik. Nah, kita dapat berpartisipasi membuat komik di sini. Kita bahkan tidak perlu jago menggambar untuk mendapatkan posisi sebagai webtoonist. Cukup tuangkan ide yang menarik maka karya akan mendatangkan nilai komersial. Selain itu, menjadi webtoonist juga dapat menambah nilai hits kita di kalangan teman-teman mahasiswa.

  1. Membuka jasa laundry

Sudah menjadi rahasia umum jika mahasiswa memiliki segudnag aktivitas sehingga mereka seringkali tidak sempat merawat keperluan dasar mereka sendiri. Seperti halnya mahasiswa yang mengandalkan warung untuk makan dibanding memasak sendiri. Mencucikan pakaian ke laundry juga jauh lebih banyak dipilih dibanding mencuci sendiri. Kita dapat memanfaatkan tabiat teman-teman kita tersebut sebagai peluang usaha untuk mahasiswa dengan membuka laundry. Mantap kan? Kita hanya perlu membeli mesin cuci dengan perlengkapan dan menggaji satu atau dua orang karyawan.

usaha untuk mahasiswa

usaha laundry

  1. Membuka bimbingan belajar

Usaha membuka bimbingan belajar atau menjadi guru les merupakan pekerjaan yang tidak bermodal sama sekali. Bagi mahasiswa, khususnya yang memiliki fokus di bidang yang terkait dengan kebutuhan siswa, hal tersebut serasa sebagai bonus yang tidak perlu susah payah diraih. Selain itu, dengan mengajar privat, waktu kita untuk belajar juga tidak banyak tersita, bahkan kita dapat menggunakannya sebagai media asah ingatan kita.

  1. Bisnis isi ulang pulsa

Nah, bagi mahasiswa yang tidak sempat melakukan aktivitas lain yang lepas dari pekerjaan di kampus, kita dapat menyelinginya dengan berjualan pulsa elektrik kepada teman-teman mahasiswa. Terlebih, jika kita tergabung dalam suatu komunitas yang memperluas jaringan pertemanan kita. Alangkah beruntungnya memiliki banyak teman yang dapat menjadi lahan berjualan pulsa.

jual pulsa mahasiswa

usaha untuk mahasiswa

  1. Menyediakan jasa penerjemahan

Menerjemahkan adalah suatu usaha untuk mahasiswa yang tidak membutuhkan modal rupiah sama sekali. Memang benar jika dikatakan bahwa kemampuan bahasa itu mahal harganya. Nah, jika kita memiliki kemampuan berbahasa asing, setidak-tidaknya secara tertulis maka kita dapat mencairkan kemampuan tersebut dalam lembar-lembar terjemahan yang akan dinilai dengan harga yang cukup tinggi oleh penerbit. Maka penghasilan pun masuk tanpa ada modal yang dikeluarkan.

Deskripsi: usaha untuk mahasiswa sebaiknya usaha yang tidak banyak memerlukan modal dan tidak banyak menyita waktu agar tujuan utama berkuliah tidak terganggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *